Bahan Kain Dan Cara Perawatan Jas Almamater Yang Benar

Bahan-Kain-Dan-Cara-Perawatan-Jas-Almamater

Jas almamater adalah pakaian yang digunakan untuk simbol,identitas dan komponen  wajib yang diperuntukkan oleh mahasiswa disebuah perguruan tinggi. Menghadiri acara kampus menggunakan jas almamater adalah kebanggan tersendiri bagi mahasiswa. Karena alasan itu tidak heran jika jas almamater sering dianggap pakaian sakral oleh mahasiswa.

Bahan Kain Jas Almamater 

Jas almamater memiliki berbagai bahan kain yang berbeda. Bahan kain  juga akan membawa rasa saat digunakan. Apalagi jika jas tersebut dibuat dari kain yang bagus. Pasti akan lebih nyaman jika digunakan. Maka dari itu wajib tau bahan kain apa saja jas almamater terbuat. Berikut contoh bahan kain.

1.Kain American Drill

Bahan american drill merupakan jenis bahan yang memiliki ukuran serat tidak besar dan tidak kecil. Keuntungan dari kain ini tentu dari segi kenyamanan dan kekuatan kain yang seimbang. Bahan kain ini memiliki permukaan bahan yang lembut dan karakter kain yang cukup kaku. 

Permukaan kain yang cukup kaku tersebut dikarenakan bahan dasar kain american drill adalah campuran katun dan polyester. Walaupun kain tampak kaku jas yang dihasilkan kain ini akan kuat. Dan Tetap nyaman digunakan.

2.Kain Japan Drill

Bahan selanjutnya adalah kain japan drill. Kain ini memiliki serat yang besar,kuat dan tebal. Karena, komposisi campuran bahan katun pada kain ini lebih banyak jika dibandingkan kain polyester. Itulah mengapa bahan kain ini menjadi favorit pada kalangan pengguna. Sebab terasa nyaman,sejuk,lembut serta mudah menyerap keringat saat digunakan.

3.Kain Twist Drill

Kain twist drill adalah bahan kain yang memiliki serat kecil. Sehingga memberikan tampilan kain yang kaku dan mengkilap. Bahan kain ini memiliki permukaan kaku daripada american drill. Tapi menggunakan bahan ini terkesan berwibawa. Jadi tak heran kain ini sering direkomendasikan. 

4.Kain Taipan Drill

Bahan kain taipan drill biasanya berwarna coklat muda atau khaki. Karakter kain yang dimiliki bahan ini terkenal sangat lembut dan nyaman saat digunakan. Sebab bahan yang digunakan 70% katun dan 30% tetoron. Campuran bahan tersebut yang membuat kain ini terlihat mewah saat digunakan. 

5.Kain Hisofy Drill

Bahan hisofy drill ini memiliki kualitas diatas american drill. Karena bahan ini lebih dominan dengan kandungan berupa katun. Dan juga memiliki karakter hisofy drill sangat lemas serta lembut. Tak heran jika hisofy lebih mahal dibanding kain lainnya. Maka dari itu direkomendasikan jika ini membuat almamater unggulan menggunakan kain ini.

Cara Perawatan Jas Almamater Yang Benar

Jika tadi sudah membahas bahan maka kali ini akan membahas cara perawatan. Dikarenakan mengetahui bahan kain dan cara perawatan jas almamater sangat penting. Berikut cara perawatannya.

  1. Jika tidak diperlukan jangan terlalu sering menggunakannya.
  2. Jika baru pemakaian 1-2 kali tidak usah dicuci.
  3. Cucilah saat jas sudah terlihat kotor dan bau.
  4. Hindari mengeringkan jas menggunakkan pengering (jemur ditempat yang tidak terkena matahari langsung).
  5. Segera angkat almamater jika dirasa cukup kering.
  6. Menyetrika jas almamater seperti menyetrika baju biasa (hindari lipatan pada bagian kerah dan lengan)
  7. Gantung saja jas jangan dilipat.

Demikianlah pembahasan tentang bahan kain dan cara perawatan jas almamater. Dari situ bisa disimpulkan bahwa penting sekali mengetahui hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *