Pentingnya Tahu Perawatan Dan Bahan Kaos

perawatan-dan-bahan-kaos

Kaos merupakan salah satu pakaian yang sering digunakan sehari-hari. Akan tetapi kaos juga dapat cepat rusak apabila tidak tepat cara perawatannya. Terkadang berbeda kaos juga pasti akan mengalami perbedaan pada bahan. Maka dari itu pentingnya tahu perawatan dan bahan kaos.

Tips perawatan kaos agar tetap awet

Bagi yang tidak mengetahui tips perawatan kaos pasti tidak akan tau mengapa kaos mudah rusak. Nah, dari pernyataan itu dapat disimpulkan penting sekali mengetahui tips perawatan kaos agar tetap awet. Berikut beberapa tips perawatan kaos yang harus diketahui.

            1. Baca Petunjuk Pemakaian 

Hal yang harus dilakukan yaitu membaca petunjuk pemakaian kaos. Karena biasanya setiap kaos memiliki bahan dan cara perawatan yang berbeda. Untuk itu langkah pertama yang harus dilakukan membaca petunjuk pemakaian.

           2. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Biasanya kalangan masyarakat menggunakkan mesin cuci untuk menghemat waktu dan tenaga. Akan tetapi menggunakkan mesin cuci dapat membuat kaos memudar dan cepat melar. Maka dari itu sebisa mungkin hindari menggunakan mesin cuci.

           3. Segera Cuci Kaos Yang Terkena Noda

Apabila kaos terkena noda segeralah untuk membersihkannya. Hal ini dikarenakan agar mudah mencuci sebelum noda kering. Dan juga akan menjaga agar kaos tetap bersih.

           4. Pisahkan Kaos Sesuai Warna

Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi memisahkan kaos berwarna dengan kaos putih. Karena menghindari pudarnya warna kaos. Jika tidak dipisahkan bisa saja kaos berwarna pudar dan mengenai kaos putih.

          5. Jangan Rendam Terlalu Lama Dan Menggunakan Deterjen Berlebihan

Usahakan merendam kaos tidak terlalu lama. Apalagi memberikan deterjen berlebihan. Hal ini akan berpengaruh pada tekstur kaos jadi cepat rusak dan kasar.

           6.Jangan Disikat Bila Tidak Perlu

Bila tidak ada noda membandel hindari kaos untuk disikat. Hal ini akan membuat rusak pada permukaan dan kaos akan longgar. Sebaiknya untuk menghindari hal tersebut, kaos dikucek saja.

         7. Hindari Penggunaan Pemutih 

Walaupun pemutih dapat menghilangkan noda pada kaos putih tapi sebaiknya hindari pemakaiannya. Hal ini menjaga warna agar tidak mudah luntur dan pudar. 

         8.Gunakan Suhu Kecil Ketika Menyetrika Kaos

Dalam proses penyetrikaan kaos gunakan suhu rendah. Jangan menggunakkan suhu diata 150 derajat celcius. Jika tetap menggunakan suhu diatas 150 derajat, kaos bisa rusak dan terbakar. Apalagi jika ada gambar pada permukaan kaos, pasti akan rusak karena suhu yang panas. 

        9. Hindari Menggunakkan Pengering Mesin Cuci

Walaupun menggunakan pengering lebih menghemat waktu, tapi sebisa mungkin untuk dihindari. Jemur saja kaos ditempat yang teduh dan terhindar dari matahari langsung. Hal ini akan membantu mengurangi kerusakan kaos.

       10.  Pembalikan Kaos 

Jika sedang pada tahap penjemuran kaos alangka baiknya kaos dibalik. Hal ini bertujuan agar kaos terjaga warna dan desain sablonnya. Karena disaat terkena matahari langsung dapat membuat warna kaos pudar dan desainnya kasar.

Beberapa Contoh Bahan Kaos Terbaik

Selain mengetahui tips perawatan, mengetahui bahan kaos juga penting. Hal ini dikarenakan jika berbeda bahan pasti juga akan beda perawatan. Maka dari itu penting sekali mengetahui tips perawatan dan bahan kaos. Berikut beberapa bahan kaos 

 

  1. Katun
  2. Polyester
  3. Dry fit 
  4. Spandex
  5. Rayon
  6. Modal

 

Demikian pembahasan tentang pentingnya mengetahui perawatan dan bahan kaos. Karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil jika kita mengetahui cara perawatan dan bahan kaos.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *