Mengetahui Lebih Dalam Manfaat Kaos Partai

kaos-partai

Kaos partai merupakan atribut kampanye yang biasa digunakan oleh para anggota atau pendukung partai politik. Kaos partai juga sudah termasuk media kampanye populer dari dulu. Karena kaos ini juga memiliki tujuan utama, yaitu mempromosikan partai maupun calon-calon lainnya.

Beberapa Contoh Fungsi Kaos Partai

Bagi yang memiliki partai untuk didukung, juga bisa berpartisipasi dengan membuat kaos partai. Karena membuat kaos partai memiliki beberapa fungsi. Berikut beberapa contoh fungsi membuat kaos partai.

1. Promosi Partai Politik

 Kaos partai berfungsi untuk memperkenalkan partai pada masyarakat umum terutama untuk partai yang masih kecil. Biasanya kaos partai dipesan dalam jumlah besar dan dibagikan kepada para pendukungnya.

2. Sebagai Tanda Pengenal

Dalam kampanye politik, kaos partai bisa dijadikan sebagai identitas atau tanda pengenal. Dengan begitu lebih mudah mengetahui satu dengan anggota yang lain dipartai yang sama.

3. Simbol Solidaritas dan Persatuan

Kaos partai politik dapat memperkuat rasa solidaritas dan persatuan diantara para anggota dan pendukung partai. Serta memberikan kesadaran bahwa mereka memiliki tujuan politik yang sama.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kaos partai dapat memberikan semangat dan keyakinan bagi para penggunanya ketika berbicara dan berpartisipasi dalam kegiatan politik.

Beberapa Bahan Kaos Partai Beserta Keunggulannya

Selain mengetahui fungsi dari kaos partai, juga penting mengetahui beberapa bahan kaos partai. Karena bahan kaos partai juga berpengaruh bagi penggunanya. Berikut beberapa contoh bahan kaos partai beserta keunggulannya.

1. Cotton Combed 

Bahan cotton combed adalah bahan yang halus dan lembut. Karena pembuatannya menggunakan rajutan yang halus dan finishing sisir (combed). Bahan cotton combed memiliki 3 jenis dengan berat yang berbeda.Yaitu  berat 20s, 24s, dan 30s. 

Bahan 20S terbuat dari benang yang berukuran 20 dengan berat antara 180 hingga 220 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal. Sedangkan bahan 24S terbuat dari benang yang berukuran 24 dengan berat antara 170 hingga 210 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal.

 Dan terakhir bahan 30S yang terbuat dari benang yang berukuran 30 dengan berat antara 140 hingga 160 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal.

2. Polyester

Bahan polyester ini juga mampu menyerap keringat. Bahan polyester sering menjadi pilihan untuk pembuatan seragam kampanye. Jenis bahan polyester dibagi menjadi dua macam. Yaitu bahan polyester single dan polyester double. Polyester single hanya menggunakan satu benang dan tidak bisa dibolak-balik. Sedangkan polyester double menggunakan benang double dan bisa bolak-balik.

3. Cotton Carded

Bahan cotton carded hampir sama dengan bahan cotton combed. Bedanya bahan cotton carded terbuat dari kapas yang pendek. Sehingga menampilkan tekstur bulu halus di permukaannya. Bahan ini juga tersedia dalam 3 ukuran, yaitu  20s,24s, dan 30s. 

Bahan 20S terbuat dari benang yang berukuran 20 dengan berat antara 180 hingga 220 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal. Sedangkan bahan 24S terbuat dari benang yang berukuran 24 dengan berat antara 170 hingga 210 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal.

Dan bahan 30S terbuat dari benang yang berukuran 30 dengan berat antara 140 hingga 160 gram untuk tiap meter persegi dan jenis jarum tunggal.

4. Lacoste Pique Cotton 

Bahan lacoste pique cotton termasuk bahan baju partai murah. Memiliki pori-pori yang besar pada permukaannya. Bahan ini juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu, lacoste pique, lacoste cotton CVC, dan lacoste PE.

5. Tetero Cotton

Tetero Cotton adalah campuran bahan polyester dan cotton. Keunggulan bahan tetero cotton adalah memiliki permukaan yang nyaman saat digunakan. Terasa agak dingin dan menyerap keringat. Karena memiliki kualitas lebih baik daripada polyester.

6. Viscone

Viscone atau rayon adalah bahan kaos partai yang memiliki kualitas baik. Selain lembut bahan ini juga adem dan terlihat lebih mewah daripada bahan lainnya. Sangat layak digunakan ketika kampanye karena dapat banyak menyerap keringat.

Contoh Beberapa Jenis-jenis Sablon 

Mengetahui jenis-jenis sablon juga penting. Karena hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas desain baju. Berikut beberapa contoh jenis-jenis sablon.

  1. Rubber

Jenis sablon yang ini memang sering dijumpai dan harganya pun terjangkau. Sehingga banyak yang menggunakan sablon jenis ini untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk sablon baju partai.

2. Superwhite

Merupakan jenis sablon yang tergolong jenis water based. Sablon ini dapat menyerap dengan baik ke dalam serat kain. Sablon khas super white ini tidak akan terasa hasil sablonnya. Hal ini dikarenakan sablon terserap baik oleh kain.

3. Pigmen

Sablon pigmen juga hampir sama dengan sablon superwhite. Hanya saja sablon pigmen lebih terasa. Namun, sablon pigmen juga banyak digunakan untuk membuat baju partai sesuai kebutuhannya.

4. Plastisol

Sablon ini biasa digunakan untuk membuat baju distro. Namun sama dengan kualitasnya harga sablon ini lebih mahal. Apalagi untuk teknik pengeringan memerlukan alat khusus agar cepat kering. 

Demikianlah beberapa manfaat kaos partai. Dan beberapa contoh bahan serta jenis-jenis sablon yang bisa digunakan untuk membuat kaos partai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *