Wajib Tahu Bahan Dan Cara Perawatan PDL

bahan-kain-dan-cara-perawatan-PDL

PDL memiliki kepanjangan pakaian dinas lapangan. Pakaian ini biasanya digunakan untuk praktik di luar ruangan. Seragam PDL biasanya didesain tebal agar lebih kuat untuk menghadapi berbagai medan di lapangan. Namun walaupun didesain tebal seragam ini tetap nyaman digunakan dan tidak gerah.

Bahan Kain Pembuatan PDL

PDL memiliki bahan yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Untuk itu harus mengetahui bahan dan kebutuhannya ketika digunakan.Wajib mengetahui bahan kain dan cara perawatan PDL. Berikut bahan pembuatan PDL.

1.American Drill

American drill adalah bahan yang direkomendasikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian dinas lapangan. Kain ini memiliki permukaan bertekstur, menyerap keringat dan nyaman ketika digunakan. Kain ini juga tersedia berbagai warna.

2.Nagata Drill

Nagata drill adalah salah satu merk yang berasal dari kain japan. Kain ini memiliki karakteristik yang kuat,lembut dan nyaman. Kain ini juga direkomendasikan untuk pembuatan seragam PDL. Kain ini lebih tebal dan halus daripada american drill. Bahan ini juga tidak kaku, adem dan lembut saat digunakan.

3.Taipan Tropical 

Kain ini juga termasuk bahan kain yang direkomendasikan untuk seragam kerja. Kain tropical ini merupakan bahan paling premium dibandingkan kain jenis lain. Kain ini terbuat dari campuran katun dan polyester, dengan katun yang lebih besar. Maka dari itu kain ini halus dan dingin ketika digunakan.

4.Serasi 

Kain serasi biasanya digunakan untuk kemeja seragam. Bahan kain ini memiliki serat dan pori kain untuk pengaturan udara. Kemeja kain ini juga tidak mudah kusut saat digunakan, walaupun pada aktivitas yang berat dan aktif bergerak.

5.Ripstop 

Bahan kain ini memiliki tekstur kotak-kotak yang unik. Kain ini juga kuat dan tahan sobek. Karakteristik dari kain ini adalah lemas, dapat menolak air tapi masih bisa tembus, ringan dan memiliki serat yang kuat. Kain ini juga direkomendasikan untuk pembuatan seragam PDL.

Cara Perawatan Seragam PDL

Hal selanjutnya yang harus diketahui adalah cara perawatan seragam PDL. Karena mengetahui cara perawatan seragam PDL juga penting. Agar seragam menjadi lebih awet jika tau cara perawatannya. Berikut cara perawatan seragam PDL.

1.Pisahkan Pakaian

Saat hendak dicuci langkah yang harus diambil memisahkan pakaian yang berwarna dan tidak. Cara ini dilakukan agar seragam putih tidak terkena noda apabila baju berwarna luntur.

2.Pemilihan Detergen

Setelah memisahkan pakaian berwarna dan tidak yang yang harus diambil selanjutnya adalah memastikan tidak ada barang di saku dan pemilihan detergen yang tepat. Pemilihan detergen ini bertujuan agar seragam tersebut tetap bagus dan tidak kusam.

3.Bersihkan Noda

Jika seragam terkena noda, dianjurkan untuk langsung dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari noda yang sulit untuk dihilangkan. 

4.Jangan Menggunakan Mesin Pengering

Penggunaan mesin pengering dapat membuat kain seragam PDL cepat rusak. Hal ini dikarenakan mesin pengering memeras terlalu kuat.

5.Jemur Pakaian 

Menjemur seragam ini usahakan untuk membalik seragam tersebut. Hal ini akan membuat warna terlihat tidak kusam karena sering terkena sinar matahari.

6.Setrika Dan Lipat Dengan Rapi

Hindari menggunakan panas tinggi jika sedang menyetrika seragam ini. Kemudian untuk seragam yang terdapat sablon gunakan kain diatasnya. Hal ini menghindari rusaknya sablon tersebut. Setrika dengan baik dan benar. Langkah terakhir adalah lipat seragam PDL dengan baik dan benar. 

Demikian penjelasan tentang bahan kain dan cara perawatan PDL. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tepat pemilihan dan awet pada seragam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *