MEMILIH SAYURAN YANG SEGAR DAN SEHAT

Sekarang ini banyak orang telah melakukan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat sendiri merupakan cara menjalani hidup untuk menurunkan resiko penyakit atau meninggal dunia di usia muda. Menjalankan hidup sehat juga bisa menjaga kesehatan fisik, mental dan sosial. Orang-orang yang menjalankan hidup sehat membiasakan diri untuk memakan makanan sehat seperti sayur dan buah. Selain itu olahraga juga menjadi komponen terpenting dalam menjalankan hidup sehat. Bagi sebagian orang mengonsumsi sayuran tidaklah enak, akan tetapi sayuran sangat penting untuk kesehatan. Sebab sayuran memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari protein, lemak, vitamin, mineral, serat, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Kandungan nutrisi yang ada dalam sayur pun berbeda-beda. Beberapa sayuran mengandung zat antioksidan, antibakteri, anti jamur, maupun anti racun.

MEMILIH SAYURAN YANG SEGAR DAN SEHAT

Cara Cermat Memilih Sayuran Yang Sehat

Kandungan nutrisi yang banyak dihasilkan dari sayur yang segar. Akan tetapi tergantung juga bagaimana cara mengolah sayur tersebut. Terlalu lama mengolah sayur juga membuat nutrisi di dalamnya menjadi berkurang banyak. Maka dari itu hindarilah memasak sayur dengan waktu yang lama. Terkadang banyak yang masih belum tahu cara memilih sayuran yang benar. Untuk itu kita harus cermat dalam memilih nya. Untuk semua jenis sayuran, warna yang terlihat segar dan bersih adalah ciri utama sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Untuk mengetahui sayur yang segar dan sehat, inilah beberapa langkah yang anda dapat gunakan:

  1. Cek tekstur dan bau

Membeli sayuran di pasar adalah car terbaik untuk mendapatkan sayuran yang sehat. Namun kita juga harus mengamati tekstur dan fisik sayur tersebut. Tekstur sayur yang baik adalah yang tidak lembek dan tidak berbau. Anda bisa memilih yang masih kencang atau tidak keriput, tidak berlubang dan masih utuh. Jika sayuran lembek dan berbau maka sayuran tersebut tidaklah sehat untuk dikonsumsi.

  1. Warna sayuran

Kesegaran sayur bisa terlihat dari warna sayuran tersebut. Warna yang nampak tidak nampak kusam dan segar adalah ciri bahwa sayur tersebut layak dikonsumsi. Jika menemukan bercak putih pada sayur sebaiknya jangan dibeli. Sebab bisa jadi itu merupakan sisa-sisa pestisida yang sudah kering. Terutama pada sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, kangkung, kemangi, seledri dan lain-lain. Agar sayur terhindar dari kuman dan bakteri, rendam lah di dalam air yang telah dilarutkan dengan garam sekitar 10 menit.

  1. Sayuran harus bebas pestisida

Sayuran yang bebas pestisida bisa dilihat berupa tidak memiliki bercak putih pada bagian tertentu. Dan juga cukup melihat apakah ada bagian yang bolong atau tidak. Jika ada berarti sayuran tersebut sehat dan tidak mengandung pestisida. Daun bolong dan utuh menandakan sayur tersebut dimakan ulat.

  1. Sayuran tidak layu
    sayuran yang layu menandakan sayuran tersebut tidak sehat dan akan membusuk. Jika kita menjumpai sayuran yang terlihat menguning dan sudah tidak segar lagi bisa dikatakan bahwa sayur tersebut sudah layu dan sebaiknya tidak dikonsumsi karena akan menimbulkan penyakit.

Itulah beberapa cara cermat dalam memilih sayuran yang sehat. Mungkin bisa anda gunakan agar bisa membedakan mana sayuran yang baik dikonsumsi atau tidaknya. Sebab sayuran yang sehat merupakan sayuran yang masih memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada sayuran berguna untuk menjaga badan agar tidak gampang sakit dan tidak menimbulkan penyakit yang dapat merugikan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *