MAKANAN YANG SEHAT DAN BERGIZI

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan berguna agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan dapat membantu mendapatkan energi, pertumbuhan badan dan otak. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Dan kandungan nutrisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Beberapa contoh makanan yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lain-lain. Mengonsumsi makanan secara tidak tepat dan tidak sehat menyebabkan malnutrisi. Malnutrisi ialah kondisi yang muncul saat pola makan seseorang yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Maka dari itu, jika kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tubuh juga akan melindungi dari banyak penyakit.

MAKANAN YANG SEHAT DAN BERGIZI

KRITERIA MAKANAN YANG SEHAT

Asupan gizi yang seimbang dapat membantu memelihara dan memperbaiki tubuh yang rusak. Selain itu makanan yang mengandung gizi menjadi sumber energi bagi tubuh. Makanan yang sehat adalah makanan yang banyak mengandung komposisi empat sehat lima sempurna contohnya seperti tempe, ikan, ayam, sayur, susu, nasi dan sebagainya bila diatur dengan seimbang. Tubuh memerlukan setidaknya 2000 kalori per hari agar bisa beraktivitas. Maka dari itu setidaknya harus mengonsumsi menu makanan yang bisa memenuhi dua kebutuhan tersebut secara tercukupi dengan makanan yang sehat. Beberapa kriteria di bawah ini akan membantu anda dalam memilih makanan yang sehat:

  1. Bersih

Makanan yang sehat merupakan makanan yang bersih dari kuman maupun bakteri. Contohnya seperti sayur dan buah. Sebaiknya sebelum dimasak, cucilah terlebih dahulu dengan air mengalir. Sebab sayur dan buah mengandung pestisida sebelum dipanen. Ini agar tidak menimbulkan risiko gangguan penyakit dalam jangka yang panjang.

  1. Beragam

Beragam disini dimaksudkan agar mendapatkan asupan nutrisi yang berbeda-beda dan cukup untuk menutrisi tubuh. Seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bisa anda dalam satu porsi makanan. Dan juga air putih juga sangat penting untuk kebutuhan mineral bagi tubuh.

  1. Sedikit bahan pengawet

Makanan yang mengandung banyak pengawet tentu tidaklah sehat. Maka dari itu kita harus mengurangi makanan yang banyak mengandung pengawet. Jika mengonsumsinya terlalu banyak ini tentunya dapat menimbulkan penyakit seperti kerusakan jantung dan pembuluh darah, pemicu asma dan kanker.

  1. Sedikit garam dan msg

Sebaiknya batasi penggunaan garam pada makanan. Terutama bagi anda yang menderita hipertensi. Sebab dapat menimbulkan kambuh jika kebanyakan makan garam atau makanan yang mengandung garam yang tinggi. Banyak orang mengatakan jika msg aman dikonsumsi. Tetapi jika mengonsumsi nya tidak berlebih atau sedikit. Karena msg bisa menyebabkan obesitas. Maka dari itu kurangilah memakan makanan yang mengandung msg.

  1. Sedikit minyak goreng

Ketika menggoreng makanan bukankah kita menggunakan banyak minyak goreng. Itu karena makanan akan dirasa garing dan renyah saat dikonsumsi. Tetapi minyak goreng banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika minyak goreng tersebut sering digunakan sampai berwarna hitam. Ini tentu saja mengandung radikal bebas yang sudah sangat tinggi di dalam minyak tersebut.

  1. Tidak diproses terlalu banyak

Makanan yang diproses telah mengandung gula, lemak jahat, karbohidrat olahan, dan pengawet yang terlalu banyak. Makanan lezat dan enak belum tentu sehat karena telah banyak diproses dalam pengolahannya. Apalagi yang dijual dengan di luar rumah dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya makanlah makanan yang anda buat sendiri dengan bahan alami saja. Ini bertujuan agar tidak menimbulkan banyak penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *