Komponen Pompa Tambang Sentrifugal

Salah satu pompa yang sering digunakan dalam perusahaan pertambangan adalah pompa sentrifugal. Sebab dengan menggunakan pompa sentrifugal, maka sistem dapat beroperasi dalam head yang tinggi.

Untuk fluida yang dialirkan dari jasa pompa tambang ini merupakan air yang telah bercampur dengan lumpur. Namun jika ingin mendapatkan yang lebih tinggi lagi, maka dibutuhkan pompa sentrifugal yang lebih banyak tingkat.

Pompa sentrifugal sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu pompa submersible dan ompa non submersible. Nah bagi anda yang ingin megetahui apa saja sebenarnya komponen dari pompa tambang setifugal, perhatikan berikut ini:

  1. Casing

Casing merupakan komponen utama dari ppompa sentrifugal. Casing ini desannya berbentuk diffuser yang mengelilingi uimpeller pada pompa. Diffusir sering dikenal dengan sebutan volute yang fungsinya adalah untuk menurunkan kecepatan aliran fluida yang masuk ke pompa.

Dibagian sisinya membentuk corong yang fungsinya mengkonversi energi kinetic menjadai tekanan. Biasanya terdapat pada industri minyak dan gas.

  1. Impeller

Bagian yang berputar pada pompa ini disebut dengan impeller. Fungsinya adalah untuk mentransfer energi menuju fluida dari putaran motor. Desain impeller bargantung pada kecepatan aliran, kebutuhan tekanan  dan kesesuaian dengan sistem.

  1. Poros

Poros merupakan bagian yang mentransmisikan putaran dari sumber gerak menuju ke pompa.

  1. Bearing

Fungsinya yakni untuk constrain atau menahan posisi rotor relatif terhadap stator sesuai jenis bearing yang digunakan. Bearing yang digunakan sendiri adalah journal bering yang berfungsi  menahan gaya berat dan gaya serah dari berat tersebut. Serta trust bearing yang berfungsi menahan gaya aksial.

  1. Kopling

Kopling yang digunakan pada pompa bergantung pada desain sistem pompa itu sendiri. Adapun beberapa macam kopling yang sering digunakan seperti kopling fleksibel, rigid, disc coupling, grid coupling dan elatrometic coupling.

  1. Sistem packing

Untuk mengontrol kebocoran pada fluida yang bisa saja terjadi antara poros dengan stator maka dibuatlah komponen sistem packing.

  1. Sistem lubrikasi

Sistem ini memiliki fungsi sebagai pegurang koefisien gesek antar dua permukaan yang bertemu, sehingga dapat mengurangi resiko keausan. Sehingga, jasa pompa tambang sudah banyak ditemukan dengan sistem lubrikasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *